Arti dan Maksud Hadits Muttafaq ‘Alaih

Apa arti dari kata “muttafaq ‘alaihi”? Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar atau membaca sebuah hadits yang pada riwayat hadits tersebut dituliskan Muttafaq ‘Alaih/ Muttafaqun ‘alaih. Ternyata hadits dengan penulisan riwayat tersebut berhubungan dengan jalur periwayatan hadits dan kesepakatan antara dua imam hadits.
Hadits Muttafaq ‘Alaih
Arti dan Maksud Hadits Muttafaq ‘Alaih

Jadi apa sebenarnya arti Muttafaq ‘Alaih ?

Sederhananya Muttafaq ‘Alaih artinya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim dari shahabat yang sama.  Muttafaq ‘Alaih biasanya juga ditulis dengan "HR. Bukhari-Muslim" namun lebih seringnya ditulis "Muttafaq ‘Alaih ". Istilah ini digunakan untuk hadits yang disepakati oleh kedua Imam hadits yakni Imam al-Bukhari dan muridnya Imam Muslim.

Contohnya :

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَوْ أَنَّ لاِبْنِ آدَمَ وَادِيًا مِنْ ذَهَبٍ أَحَبَّ أَنْ يَكُونَ لَهُ وَادِيَانِ ، وَلَنْ يَمْلأَ فَاهُ إِلاَّ التُّرَابُ ، وَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَى مَنْ تَابَ
“Seandainya seorang anak Adam memiliki satu lembah emas, tentu ia menginginkan dua lembah lainnya, dan sama sekai tidak akan memenuhi mulutnya (merasa puas) selain tanah (yaitu setelah mati) dan Allah menerima taubat orang-orang yang bertaubat.”
(Muttafaqun ‘alaih - HR. Bukhari no. 6439 dan Muslim no. 1048)


Untuk lebih jelasnya mengapa hadits disebut Muttafaq ‘Alaih yang diriwayatkan oleh sahabat nabi yang sama dan disepakati oleh dua ulama, lihatlah bagan dibawah ini:

arti dari muttafaq 'alaih
Diriwayatkan oleh sahabat yang sama (sumber : www.tabayyunnews.com)

Semoga penjelasan yang singkat tersebut bisa menjawab pertanyaan mengenai apa arti dari istilah hadits Muttafaq ‘Alaih.

Referensi :

https://jacksite.wordpress.com/2007/07/04/ilmu-hadits-definisi-hadits-shahih/
http://www.tabayyunnews.com/2015/07/makna-kata-muttafaqun-alaihi-pada-riwayat-hadits/




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti dan Maksud Hadits Muttafaq ‘Alaih"

Post a Comment