Doa Bangun Tidur Sesuai Sunnah

Bagaimana doa bangun tidur yang sesuai sunnah Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam?  Apakah ada doa khusus atau tidak. Berikut ini penjelasan lengkapnya. Semoga bisa menjadi panduan dan amalan yang selalu kita amalkan setiap harinya selama kita masih hidup. Aamiiin.

Dalam agama islam, ketika pertama kali kita  bangun tidur , sebagai muslim kita disunnahkan untuk membaca doa bangun tidur susuai sunnah nabi. Dengan membaca doa ini menunjukkan bahwa kita sudah mengawali pagi ini dengan berzikir kepada Allah subhanahuwata'ala dan mengikuti perintah Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. Berikut ini doa bangun tidur beserta arti / terjemahan dan latin:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur”
 Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah  mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami akan dibangkitkan (tempat kembali)"
(HR. Bukhari no. 6325)

Catatan: Imam Nawawi rahimahullah sendiri menerangkan bahwa maksud kalimat ‘kami dimatikan’ adalah tidur. Sedangkan ‘kami dibangkitkan’ adalah dihidupkan lagi kelak pada hari kiamat
latin doa bangun tidur sesuai sunnah
Doa bangun tidur

Melakukan amalan berdoa dengan doa di atas saat bangun tidur merupakan amalan yang diperintahkan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam dan sebagai bentuk syukur kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Mulailah pagimu dengan mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala. Betapa indahnya hidup ini ketika pertama kali bangun langsung mengingat Allah Suhanahuwata'ala. Bukan sebaliknya, kadang ada diantara kita ketika bangun langsung memegang smartphone (hp) , menengok jam, instagram,twitter dll. Mari biasakan untuk mengingat Allah ketika pertama kali bangun dengan membaca doa bangun tidur. Sehingga tujuan awal pagi kita berorientasi akhirat , bukan dunia semata. Siapa yang orientasi hidupnya karena akhirat maka akan dicukupkan, sebaliknya jika orientasinya dunia maka urusannya akan dicerai beraikan. Sebagaimana hadits berikut ini.

“Barangsiapa yang (menjadikan) dunia tujuan utamanya maka Allah akan mencerai-beraikan urusannya dan menjadikan kemiskinan/tidak pernah merasa cukup (selalu ada) di hadapannya, padahal dia tidak akan mendapatkan (harta benda) duniawi melebihi dari apa yang Allah tetapkan baginya. Dan barangsiapa yang (menjadikan) akhirat niat (tujuan utama)nya maka Allah akan menghimpunkan urusannya, menjadikan kekayaan/selalu merasa cukup (ada) dalam hatinya, dan (harta benda) duniawi datang kepadanya dalam keadaan rendah (tidak bernilai di hadapannya)“
( HR Ibnu Majah (no. 4105), Ahmad (5/183), ad-Daarimi (no. 229) )


Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.

وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

"Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan"
(Ali ‘Imrân/3:185)


Kenapa kita harus mengamalkan doa bangun tidur ini?

Salah satu alasannya adalah untuk mengikuti sunnah Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. Dengan membiasakan doa ini maka kita berusaha untuk melestarikan sunnah Rasul disetiap keadaan dimulai ketika bangun tidur dengan membaca doa bangun tidur yang sesuai sunnah.

Untuk doa bangun tidur, lebih jelas bisa simak video berikut. 


Marilah kita senantiasa bisa mengamalkan doa bangun tidur dengan konsisten secara terus menerus. Karena amalan yang paling dicintai Allah Subhanahu wa ta'ala adalah amalan yang meskipun sedikit tetapi konsisten dilakukan secara terus menerus. Sebagaimana hadits berikut ini.

Dari ’Aisyah –radhiyallahu ’anha-, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” ’Aisyah pun ketika melakukan suatu amalan selalu berkeinginan keras untuk merutinkannya. 
(HR. Muslim no. 783)

Dari ’Aisyah, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai amalan apakah yang paling dicintai oleh Allah. Rasul shallallahu ’alaihi wa sallam menjawab,

أَدْوَمُهُ وَإِنْ قَلَّ

”Amalan yang rutin (kontinu), walaupun sedikit.”
(HR. Muslim no. 782)
Selain berdoa, ada beberapa adab yang bisa kita amalakan ketika bangun tidur sesuai dengan hadits Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. Untuk lebih jelasnya silahkan imaklah video berikut ini.


Beberapa adab ketika bangun tidur.

Pertama, mengusap bekas tidur di wajah

Mengusap bekas tidur merupakan salah satu sunnah yang dilakukan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu menceritakan, bahwa beliau pernah menginap di rumah bibinya, Maimunah Radhiyallahu ‘anha, saah satu istri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kata Ibnu Abbas,

حَتَّى إِذَا انْتَصَفَ اللَّيْلُ اسْتَيْقَظَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَجَلَسَ يَمْسَحُ النَّوْمَ عَنْ وَجْهِهِ بِيَدِهِ

Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bangun, kemudian beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya. 
(HR. Ahmad 2201, Bukhari 183, Nasai 1631, dan yang lainnya)

Kedua, menggosok gigi setelah bangun tidur atau bersiwak setelah bangun tidur.

Sahabat Hudzaifah Radhiallahu ‘anhu menceritakan,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ، يَشُوصُ فَاهُ بِالسِّوَاكِ

Nabi Shallallahu’alaihi wassalam apabila bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak. 
(HR. Bukhari 245 dan Muslim 255)

Ketiga, membersihkan / mencuci tangan tiga (3) kali 

Hendaknya kita mencuci tangan kita terlebih dahulu kitika pertama kali bangun sebelum melakukan aktifitas lainnya seperti wudhu, mandi, membasuh muka.Dari Abu Hurairoh Radhiallahu anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam berpesan,

إِذَا اسْتَيْقَظَ أَحَدُكُمْ مِنْ نَوْمِهِ، فَلَا يَغْمِسْ يَدَهُ فِي الْإِنَاءِ حَتَّى يَغْسِلَهَا ثَلَاثًا، فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي أَيْنَ بَاتَتْ يَدُهُ

Apabila kalian bangun tidur maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah, sebelum dia mencucinya 3 kali, karena dia tidak mengetahui dimana tangannya semalam berada.” 
(HR. Bukhari dan Muslim 278)

Menggosok gigi sesaat setelah bangun tidur mempunyai manfaat untuk menyegarkan bau mulut dan membersihkan gigi setelah terlelap tidur. Sehingga nantinya ketika kita melaksanakan shalat mulut kita sudah segar dan mengeluarkan bau yang kurang sedap.
Inilah sedikit penjelasan mengenai doa bangun tidur sesuai sunnah Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa salllam. Semoga bermanfaat dan menjadi amalan yang diridhoi Allah Subhanahu wa ta'ala.

Sumber referensi :
yufid.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Doa Bangun Tidur Sesuai Sunnah "

Post a Comment